INFO UMUM
Unit Pelaksana Teknis Kesekretariatan
klik gambar untuk membuka SK
Daftar Konten Web
No | MENU | KODE | ||
A | INFORMASI YANG WAJIB DIUMUMKAN SECARA BERKALA | |||
A1 | Informasi Profil dan Pelayanan Dasar Pengadilan | |||
1 | Profil Pengadilan, meliputi: | |||
a. Fungsi, Tugas dan Yurisdiksi Pengadilan; | A1.1a | |||
b. Struktur Organisasi Pengadilan; | A1.1b | |||
c. Alamat, telepon, faksimili, dan situs resmi Pengadilan; | A1.1c | |||
d. Daftar nama pejabat dan hakim di Pengadilan; | A1.1d | |||
e. Profil singkat pejabat struktural / fungsional, Staf; dan | A1.1e | |||
f. LHKPN yang telah diverifikasi dan dikirimkan oleh KPK. | A1.1f | |||
2 | Prosedur beracara untuk setiap jenis perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan. | A1.2 | ||
3 | Biaya yang berhubungan dengan proses penyelesaian perkara serta seluruh biaya hak-hak kepaniteraan lain sesuai dengan kewenangan, tugas dan kewajiban Pengadilan. | A1.3 | ||
4 | Agenda sidang pada Pengadilan Tingkat Pertama. (info ada di halaman Beranda dan juga Link menuju Jadwal Sidang SIPP Web) |
A1.4 | ||
A2 | Informasi Berkaitan dengan Hak Masyarakat | |||
1 | Hak-hak para pihak yang berhubungan dengan peradilan, antara lain hak mendapat bantuan hukum, hak atas biaya perkara cuma-cuma, serta hak-hak pokok dalam proses persidangan; | A2.1 | ||
2 | Tata cara pengaduan dugaan pelanggaran yang dilakukan Hakim dan Pegawai; | A2.2 | ||
3 | Hak-hak pelapor dugaan pelanggaran Hakim dan Pegawai; | A2.3 | ||
4 | Tata cara memperoleh pelayanan informasi, tata cara mengajukan keberatan terhadap pelayanan informasi serta nama dan nomor kontak pihak-pihak yang bertanggungjawab atas pelayanan informasi dan penanganan keberatan terhadap pelayanan informasi; | A2.4 | ||
5 | Hak-hak pemohon informasi dalam pelayanan informasi; | A2.5 | ||
6 | Biaya untuk memperoleh salinan informasi. | A2.6 | ||
A3 | Informasi Program Kerja, Kegiatan, Keuangan dan Kinerja | |||
1 | Ringkasan informasi tentang program dan/atau kegiatan yang sedang dijalankan Pengadilan yang sekurang-kurangnya terdiri atas: a. Nama program dan kegiatan; b. Penanggungjawab, pelaksana program dan kegiatan serta nomor telepon dan/atau alamat yang dapat dihubungi; c. Target dan/atau capaian program dan kegiatan; d. Jadwal pelaksanaan program dan kegiatan; e. Sumber dan jumlah anggaran yang digunakan, yang setidaknya meliputi Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA), dokumen anggaran lainnya seperti rincian DIPA, rencana kerja anggaran, proposal, dan sebagainya. |
A3.1 | ||
2 | Ringkasan Laporan Akuntablitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP). | A3.2 | ||
3 | Ringkasan laporan keuangan yang sekurang-kurangnya terdiri atas: | A3.3 | ||
a. Rencana dan laporan realisasi anggaran; dan | ||||
b. Neraca Laporan Arus Kas (SAKPA) dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK) yang disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku; | ||||
4 | Ringkasan Daftar Aset dan Inventaris; | A3.4 | ||
5 | Pengumuman pengadaan barang dan jasa. (terdapat pada menu utama link menuju LPSE MARI) |
A3.5 | ||
A4 | Informasi Laporan Akses Informasi | |||
Ringkasan Laporan Akses Informasi yang sekurang-kurangnya terdiri atas: a. Jumlah permohonan informasi yang diterima; b. Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap permohonan informasi; c. Jumlah permohonan informasi yang dikabulkan baik sebagian atau seluruhnya dan permohonan informasi yang ditolak; dan d. Alasan penolakan permohonan informasi. |
A4 | |||
A5 | Informasi tentang pengunjung Website. (info ada di halaman Beranda samping kiri) |
A5 | ||
B | Informasi yang Wajib Tersedia setiap Saat dan Dapat Diakses oleh Publik | |||
B1 | Informasi tentang Perkara dan Persidangan | |||
1 | Semua putusan dan penetapan pengadilan, baik yang telah berkekuatan hukum tetap maupun yang belum berkekuatan hukum tetap (dalam bentuk fotokopi atau naskah elektronik, bukan salinan resmi). (info ada di halaman Beranda DIREKTORI PUTUSAN) |
B1.1 | ||
2 | Informasi dalam Buku Register Perkara. (info ada di halaman Beranda SIPP WEB - Daftar Seluruh Perkara) |
B1.2 | ||
3 | Data statistik perkara, antara lain; jumlah dan jenis perkara. (info ada di halaman Beranda SIPP WEB - Laporan Statistik Perkara) |
B1.3 | ||
4 | Tahapan suatu perkara dalam proses penanganan perkara. (info ada di halaman Beranda SIPP WEB - Detail Perkara) |
B1.4 | ||
5 | Laporan penggunaan biaya perkara. | B1.5 | ||
B2 | Informasi tentang Pengawasan dan Pendisplinan | |||
1 | Jumlah, jenis, dan gambaran umum pelanggaran yang ditemukan pengawas atau yang dilaporkan oleh masyarakat serta tindak lanjutnya. | B2.1 | ||
2 | Langkah yang tengah dilakukan Pengadilan dalam pemeriksaan dugaan pelanggaran yang dilakukan Hakim atau Pegawai yang telah diketahui publik (sudah dimuat dalam media cetak atau elektronik). | B2.2 | ||
3 | Jumlah Hakim atau Pegawai yang dijatuhi hukuman disiplin beserta jenis pelanggaran dan jenis hukuman disiplin yang dijatuhkan. | B2.3 | ||
4 | Inisial nama dan unit/satuan kerja Hakim atau Pegawai yang dijatuhi hukuman disiplin, jenis pelanggaran dan bentuk hukuman disiplin yang dijatuhkan. | B2.4 | ||
5 | Putusan Majelis Kehormatan Hakim. | B2.5 | ||
B3 | Informasi tentang Peraturan dan Kebijakan | |||
1 | Peraturan MA, Keputusan Ketua dan Wakil Ketua MA, Surat Edaran MA yang telah disahkan atau ditetapkan. (info ada di halaman Beranda PERATURAN DAN KEBIJAKAN - Kebijakan Mahkamah Agung RI) |
B3.1 | ||
2 | Naskah semua Peraturan MA, Keputusan Ketua dan Wakil Ketua MA, Surat Edaran MA yang telah disahkan atau ditetapkan yang mengikat dan/atau berdampak penting bagi publik. (info ada di halaman Beranda PERATURAN DAN KEBIJAKAN) |
B3.2 | ||
3 | Pertimbangan atau nasihat hukum yang diberikan MA sesuai dengan kewenangan dalam peraturan perundang-undangan. (info ada di halaman Beranda PERATURAN DAN KEBIJAKAN) |
B3.3 | ||
4 | Rencana Strategis dan Rencana Kerja Pengadilan Agama Majene. | B3.4 | ||
5 | Informasi dan kebijakan yang disampaikan oleh pejabat Pengadilan dalam pertemuan yang terbuka untuk umum. | B3.6 | ||
B4 | Informasi tentang Organisasi, Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan | |||
1 | Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi, personel dan keuangan Pengadilan. | B4.1 | ||
2 | Standar dan Maklumat Pelayanan Pengadilan. | B4.2 | ||
3 | Profil Hakim, Pejabat Stuktural, Fungsional, dan Staf yang meliputi: a. Nama; b. Riwayat pekerjaan; c. Posisi; d. Riwayat pendidikan; dan e. Penghargaan yang diterima. |
B4.3 | ||
4 | Data Statistik Kepegawaian, yang meliputi, antara lain, jumlah, komposisi dan penyebaran Hakim dan Pegawai. | B4.4 | ||
5 | Anggaran Pengadilan maupun unit pelaksana teknis serta laporan keuangannya. | B4.5 | ||
6 | Surat menyurat pimpinan atau pejabat Pengadilan dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya, kecuali yang bersifat rahasia. | B4.6 | ||
7 | Agenda kerja pimpinan Pengadilan atau satuan kerja. | B4.7 |
Pengawasan Internal
Pejabat Pengawas
SURAT KEPUTUSAN KETUA PENGADILAN AGAMA MAJENE
NOMOR : W33-A2/166/KP.04/SK/III/2023
TANGGAL : 06 Maret 2023
NO |
Nama |
Jabatan |
Hakim Pengawas Bidang |
Ket. |
1.
2.
3.
|
Samsidar, S.H.I., M.H.
Wisnu Indradi, S.H.I., M.H.I.
Anisa Pratiwi, S.H.I. |
Ketua
Hakim
Hakim |
Koordinatir
Membidangi Manajemen Peradilan dan Kinerja Pelayanan Publik serta Kedisiplinan.
Membidangi Administrasi Perkara Persidangan dan Pelaksanaan Putusan. Kesekretariatan:
|
|
Pedoman Pengawasan Internal
Dasar Kebijakan Pengawasan Internal
Adapun yang menjadi dasar kebijakan pengawasan pada Pengadilan Agama Majene, yaitu :
- Undang-undang Nomor 7 tahun 1989 pasal 53 ayat (1) menyatakan bahwa Ketua Pengadilan mengadakan pengawasan atas pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, dan Juru Sita di daerah hukumnya. Sedangkan dalam ayat (2) menyatakan bahwa Ketua Pengadilan Tinggi Agama melakukan pengawasan terhadap jalannya peradilan ditingkat Pengadilan Agama dan menjaga agar peradilan diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya;
- Keputusan Ketua Mahkamah Agung R.I. Nomor : KMA/080/SK/VIII/2006 tanggal 24 Agustus 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan Di Lingkungan Lembaga Peradilan;
- Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1207/DJA/HK.00.7/SK/VII/2012 tentang Pedoman Pemberdayaan Hakim Tinggi sebagai Kawal Depan Mahkamah Agung;
- Surat Keputusan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Nomor W20-A/223/OT.01.3/SK/X/2012 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Makassar.
Pelaksanaan Pengawasan Internal
Bidang Pengawasan telah melakukan pengawasan dengan teknik pelaksanaan Pengawasan Melekat dan Pengawasan Fungsional, yaitu :
1. Pelaksanaan Pengawasan Melekat
Pengawasan Melekat adalah pengawasan yang dilakukan oleh atasan terhadap bawahan:
- Pimpinan Pengadilan Agama dan pimpinan unit kerja melakukan pemantuan secara langsung terhadap pelaksanaan tugas dan jika perlu memberikan petunjuk langsung;
- Pimpinan mengadakan evaluasi terhadap kinerja untuk perbaikan dalam pelaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
2. Pelaksanaan Pengawasan Fungsional
Dalam tahun 2023 telah dilakukan pengawasan rutin / berkala oleh Hakim Pengawas Bidang Pengadilan Agama Majene sebanyak 4 (empat) kali atau per Triwulan, dan selanjutnya hasil temuan telah ditindaklanjuti baik oleh pimpinan maupun oleh hakim pengawas secara langsung.
Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Barat selaku tingkat Banding melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap Pengadilan Agama Majene khususnya, yang dilakukan oleh Hatibinwasda dan Hatibinwasbid Pengadilan Tinggi Agama Makassar dalam hal:
a. Eksaminasi putusan
Kegiatan evaluasi terhadap proses penanganan dan penyelesaian perkara yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pertimbangan hukum dari hakim yang memutus perkara di Pengadilan Agama, apakah telah sesuai dengan prinsip-prinsip hukum, apakah hukum acaranya sudah diterapkan secara benar dan apakah putusan tersebut telah menyentuh rasa keadilan masyarakat.
b. Pembinaan tidak langsung
Pelaksanaan pembinaan dan pengawasan tidak langsung ke daerah atau bidangnya, tetapi melalui laporan, website dan media lainnya yang dilaksanakan daerah / bidangnya masing-masing.
c. Pembinaan teknis yang disingkat Bintek
Pembinaan yang dilakukan oleh hakim tinggi terhadap hakim, panitera, panitera pengganti, jurusita, jurusita pengganti dan pejabat kepaniteraan, sesuai bidang tugasnya masing-masing.
Hasil Yang Dicapai dari Pengawasan Internal
Hasil yang telah dicapai oleh hakim pengawas bidang dari pelaksanaan pengawasan tersebut:
Adapun evaluasi yang harus diperbaiki pada tahun ini dan tahun berikutnya, didasarkan pada laporan hakim pengawas bidang sesuai dengan bidangnya masing-masing yang dapat diuraikan sebagai berikut :
I. MANAJEMEN PERADILAN
a. Hasil Pengawasan
- Job Discription dan Penyederhanaan Peta Jabatan satuan kerja belum dibuat dan dicetak.
- Brosur prosedur berperkara tidak lengkap dalam memberikan informasi kelengkapan persyaratan perkara.
- SK-SK yang diterbitkan oleh kepaniteraan tidak diarsipkan di ruang kepaniteraan.
- Terjadi kerancuan dalam besaran biaya surat tercatat serta pengambilan biaya kirim surat tercatat masih belum ada pijakan hukumnya.
- Masih banyak ditemukan para pihak yang berperkara maupun pengunjung sidang menggunakan pakaian yang tidak rapi dan tidak sopan.
- Tidak adanya perubahan SK dan banner agen perubahan seiring dengan adanya mutasi agen perubahan.
b. Kriteria
- Permen PAN & RB No. 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi dan Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 Tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah.
- Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018.
- Peraturan Mahkamah Agung RI No. 3 tahun 2012 dan Peraturan Mahkamah Agung RI No. 7 tahun 2022.
- Pasal 4 angka (14) Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018.
- Permen PAN & RB No. 90 Tahun 2021; SK KMA 58/KMA/SK/III/2019; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018.
c. Sebab
- Lalainya pejabat terkait dalam melakukan penyederhanaan peta jabatan yang ada di Pengadilan Agama Majene.
- Kurangnya monitoring pejabat terkait dalam melengkapi data dalam brosur prosedur berperkara.
- Kelalaian pejabat terkait dalam mengarsipkan kumpulan SK yang telah diterbitkan.
- Dalam SK panjar belum diatur mengenai besaran biaya panjar surat tercatat.
- Kurangnya perhatian dari petugas sidang dan kurangnya perhatian pejabat terkait dalam memberikan monitoring kepada petugas dalam hal pemantauan standar berbusana dalam persidangan serta tidak adanya fasilitas yang Pengadilan yang dapat digunakan oleh Pengunjung Sidang yang tidak berbusana dengan rapi dan sopan, sebagai langkah preventif.
- Tidak adanya monitoring dan evaluasi mengenai agen perubahan beserta dengan rencana aksi yang telah dibuat.
d. Akibat
- Tidak jelas dan tumpang tindihnya pekerjaan yang dimiliki setiap pegawai.
- Tidak adanya informasi mengenai prosedur perkara tertentu di brosur.
- SK tidak terarsipkan dengan baik dan menghambat monitoring efektifitas SK.
- Pemungutan biaya panjar surat tercatat tidak memiliki landasan hukum dan ilegal.
- Pengunjung sidang berpakaian tidak rapi dan sopan.
- Agen perubahan sudah mutasi dan banner yang terpasang masih belum terupdate.
e. Rekomendasi
- Segera dilakukan penyusunan penyederhanaan peta jabatan di Pengadilan Agama Majene. Sehingga tupoksi setiap pegawai menjadi jelas dan tidak tumpeng tindih.
- Segera dibuat dan dilengkapi informasi dalam brosur prosedur berperkara
- Segera arsipkan SK-SK yang berkaitan dengan Kepaniteraan di tempat khusus.
- Segera dibuat sistem yang baik dalam pengambilan biaya panjar surat tercatat dan segera revisi SK panjar yang belum mengatur mengenai surat tercatat.
- Segera dilakukan pembinaan kepada petugas terkait standar kerapian kesopanan persidangan serta menyiapkan busana sopan yang dapat dipakai oleh pengunjung sidang. Selain itu berikan juga contoh bagaimana pakaian standar dalam persidangan.
- Segera dilakukan monitoring dan evaluasi mengenai agen perubahan.
II. PELAYANAN PUBLIK
a. Hasil Pengawasan
- Kurang terjaganya kebersihan dan kenyamanan kamar mandi (toliet) pegawai maupun pengunjung. Serta sudah tidak layaknya beberapa alat-alat yang tersedia. Lampu pendukungnya juga tidak berfungsi dengan baik.
- Mobil dinas terparkir di lobi Pengadilan Agama Majene
- Parkir motor pegawai di siang hari menjadi tidak teratur serta tidak diparkir ditempat yang sudah ditentukan. Selain itu parkir mobil tidak dihadapkan kedepan sesuai dengan kesepakatan yang sudah disepakati
b. Kriteria
- Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018
- Surat Edaran Nomor: 485-1/SEK/KU.01/11/2013 tentang Peningkatan Pelayanan Publik
- Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018.
c. Sebab
- Kurangnya pengawasan pejabat terkait untuk mengawasi kebersihan dan kelayakan fasilitas public. Serta kurangnya tenaga kebersihan yang tersedia dan tidak ada jobdis kebersihan tambahan bagi tenaga PPNPN
- Kurang dimaksimalkannya tempat parkir yang sudah dibuat untuk dipergunakan parkir mobil dinas
- Keengganan Pegawai memarkirkan motor dan mobilnya terkena panas sinar matahari disiang hari.
d. Akibat
- Toilet tampat suram, kusam dan kurang terawat dengan baik.
- Mobil dinas terparkir di lobi Pengadilan Agama Majene, sehingga mengurangi kualitas pelayanan pengadilan.
- Penataan lahan parker menjadi tidak teratur dan sangat mengurangi keindahan dan estetika.
e. Rekomendasi
- Segera dilakukan pembenahan dibagian kebersihan.
- Segera maksimalkan tempat parkir yang ada dan ditambahkan lagi fasilitas parkir yang memadai dan layak.
- Parkirkan kembali setiap kendaraan di tempat yang sudah disediakan dan tata dengan rapi dengan satu arah yang sama.
III. ADMINSTRASI PERKARA PERSIDANGAN DAN PELAKSANAAN PUTUSAN
1. ADMINISTRASI PERKARA
a. Kondisi / Temuan
- Petugas ATK Perkara tidak rutin dalam memberikan formulir permintaan kebutuhan ATK kepada pengelola perkara (Front Liner, Hakim, PP dan JS/JSP).
- Bukti Pengeluaran Biaya Panggian Bulan Mei belum di tanda tangani oleh Kasir.
- Berita Acara Sidang belum terupload pada SIPP
- Surat gugatan/permohonan tidak di print sesuai pada ketentuan Administrasi perkara.
- Beberapa kali ditemukan dalam berkas perkara, Surat Gugatan obscure libel (kurang jelas).
- Pengumuman Isbat Nikah 14 hari tidak ditempel pada papan pengumuman.
b. Kriteria
- Formulir kebutuhan ATK harus diedarkan setiap bulan kepada para petugas pengelola perkara secara ruti
- Kasir sebagai orang yang ditunjuk untuk bertanggung jawab pada keuangan perkara harus teliti dalam pembukuan keuangan, termasuk mengkontrol pengeluaran keuangan dengan menanda tangani Bukti Pengeluaran Biaya Panggian.
- BAS (Berita Acara Sidang) Harus terupload pada SIPP.
- Surat Gugatan/Permohonan diprint sesuai ketentuan administrasi perkara minimal 5 rangkap demi kelancaran persidangan dan tertip administrasi perkara.
- Dalam pembuatan surat gugatan/permohonan harus detail dan jelas peristiwa hukumnya, kejadian yang menjadi dasar perkara tersebut layak didaftarkan di pengadilan.
- Pengumuman isbat nikah harus diumumkan pada papan pengumuman PA Majene selama 14 hari oleh Jurusita/Jurusita Pengganti yang ditunjuk. Berdasarkan KMA/032/SK/IV/2006 tentang Pemberlakuan Buku II Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Pengadilan.
c. Sebab
- Kurang rutinnya petugas ATK dalam mengedarkan formulir permintaan ATK
- Kasir kurang mengkontrol arsip keuangan perkara.
- Kelalaian Panitera Sidang terkait.
- Petugas tidak teliti dan kurang memahami administrasi perkara.
- Kurang kontrolnya surat gugatan/permohonan serta Monitoring kinerja posbakum oleh pejabat terkait.
- Jurusita/ Jurusita Pengganti kurang memahami mengenai tugas Jurusita sebab tidak adanya DDTK Kejurusitaan.
d. Akibat
- Persediaan tidak sesuai dengan kebutuhan permintaan
- Arsipk tidak terkontrol dengan baik.
- Kolom BAS Pada SIPP tidak terisi dan mengakibatkan turunnya ranking Penilaian SIPP.
- Surat gugatan/permohonan tidak tergandakan sehingga Hakim dan Panitera Sidang tidak memiliki pegangan surat gugatan/permohonan.
- Surat gugatan/permohonan tidak jelas (obscure libel) sehingga merugikan kepentingan pengguna layanan.
- Pengumuman isbat nikah tidak di umumkan sesuai dengan Buku II Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Pengadilan.
e. Rekomendasi
- Harus lebih aktif mengedarkan permintaan ATK kapada petugas pengelola perkara (Front Liner, Hakim, PP dan JS/JSP).
- Segera di tanda tangani dan diperhatikan lagi untuk kedapannya.
- Segera diupload.
- Surat gugatan/permohonan harus di cetak minimal 5 rangkap
- Harap pejabat terkait untuk lebih teliti dalam mengkontrol.
- Laksanakan DDTK Kejurusitaan dan pengumuman isbat nikah segera diumumkan pada papan pengumuman.
2. PERSIDANGAN DAN PELAKSANAAN PUTUSAN
a. Temuan
- Panggilan Ghaib pada perkara nomor 16/Pdt.G/2023/PA.Mj, 21/Pdt.G/2023/PA.Mj, Tidak dipublikasi di website PA Majene pada menu panggilan Ghaib.
- Akta Cerai nomor 34/AC/2023/PA.Mj dan 35/AC/2023/PA.Mj diterbitkan dan ditanda tangani oleh Panitera yang sedang dinas luar.
- Tidak ada Kontrol Perkara yang telah berkekuatan hukum tetap (BHT).
- Beberapa kali ditemukan dalam berkas perkara, Surat Gugatan obscure libel (kurang jelas).
- Banyak berkas yang telah putus dan berkekuatan hukum tetap namun belum masuk pada box arsip.
- Bukti pengeluaran PNBP belum di tanda tangani kasir.
b. Kriteria
- Panggilan Ghaib harus dipublikasikan dalam website satuan kerja untuk update informasi publik.
- Jika Panitera sedang Dinas Luar maka Akta Cerai ditandatangani oleh Pelaksana Harian (Plh) Panitera yang dtunjuk
- Panitera, Panitera Pengganti sidang harus memiliki buku control perkara sehingga perkara yang telah BHT dapat segera diterbitkan Akta Cerainya.
- Dalam pembuatan surat gugatan/permohonan harus detail dan jelas peristiwa hukumnya, kejadian yang menjadi dasar perkara tersebut layak didaftarkan di pengadilan.
- Minutasi berkas perkara dilaksanakan berdasarkan SOP yang telah ada untuk melaksanakan tertib administrasi pengarsipan berkas perkara.
- Kasir bertanggung jawab dalam penerimaan dan pengeluaran PNBP sehingga harus teliti dalam pengarsipan bukti –bukti terkait pengeluaran dan penerimaan PNBP.
c. Sebab
- Jurusita/ jurusita pengganti tidak melaporkan pengumumam panggilan ghaib ke website.
- Plh. Panitera belum ditunjuk.
- Kurangnya control dari Panitera, Panitera Pengganti sidang
- Kurang kontrolnya surat gugatan/permohonan serta Monitoring kinerja posbakum oleh pejabat terkait.
- kurangnya pemantauan dari pejabat terkait mengenai laporan berkas perkara non aktif setiap bulannya.
- Terselip.
d. Akibat
- Tidak ada informasi panggilan ghaib untuk tahun 2023.
- Akta Cerai tidak resmi
- Akta Cerai telat di terbitkan.
- Surat gugatan/permohonan tidak jelas (obscure libel) sehingga merugikan kepentingan pengguna layanan.
- Banyak berkas perkara yang belum masuk pada box arsip dan rawan hilang.
- Bukti pengeluaran PNBP belum di tanda tangani kasir untuk nomor perkara 160/Pdt.P/2023/PA.Mj, 139/Pdt.G/2023/PA.Mj, 159/Pdt.G/2023/PA.Mj.
e. Rekomendasi
- Segera untuk dipublikasikan informasi panggilan ghaib pada website.
- Segera buat Plh pada tanggal Akta Cerai tersebut dikeluarkan.
- Segera buat buku control perkara atau memaksimalkan penggunaan aplikasi Si ALIV.
- Harap pejabat terkait untuk lebih teliti dalam mengkontrol.
- Kepada pejabat terkait harap untuk rutin melaksanakan kontrol berkas arsip perkara setiap bulannya dan melaksanakan evaluasi kepada para panitera sidang untuk lebih disiplin dalam pemberkasan perkara.
- Segera dilengkapi tanda tangannya.
IV. KESEKERTARIATAN
1. KEPEGAWAIAN
a. Temuan
- SK Ketua Tim Baperjakat belum ada
- Papan Bezeting tidak update
- Data SIKEP kurang lengkap dan tidak di update.
b. Kriteria
- Tim Baperjakat harus memiliki seorang ketua Tim yang ditunjuk untuk dapat menjalankan fungsi dan tujuan pelaksaan Baperjakat dalam sebuah satuan kerja
- Papan bezeting harus diupdate disesuaikan dengan kondisi pegawai
- Data SIKEP harus update berdasarkan kriteria kolom yang diminta.
c. Sebab
- Rapat Baperjakat tidak dapat dilaksanakan
- Kurangnya kontrol Kasubag. Kepegawaian
- Kurangnya kontrol dari Kepegawaian.
d. Akibat
- Tidak ada rumusan baperjakat pada triwulan pertama pada tahun 2023
- Papan Bezeting tidak update.
- Data SIKEP tidak update.
e. Rekomendasi
- Segera tunjuk ketua tim baperjakat dan dibuatkan SK.
- Segera diperbaharui.
- Segera di update data para pegawai di SIKEP.
2. UMUM
a. Temuan
- DIR Ruangan tidak sesuai
- Pembatas/ garis parkir mobil telah usang dan sudah tidak terlihat kembali.
- Cheklist kebersihan ruangan tidak diisi oleh petugas kebersihan.
- Masih ditemukan bentuk surat yang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga tidak sesuai dengan tata Kelola naskah dinas.
- Lampu pada Lorong-lorong ruangan terdapat kondisinya mati.
b. Kriteria
- Terdapat barang-barang diruangan yang tidak sesuai dengan DIR.
- Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018.
- Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2077.a/DJA/OT.01.3/SK/10/2018; Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018.
- Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 131/KMA/SK/VII/2013 tanggal 11 Juli 2023 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya; Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 627/SEK/SK/VII/2023 Tanggal 11 Juli 2023 tentang Klasifikasi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.
- Untuk menciptakan keindahan kantor, ruang kerja yang nyaman, lampu pada ruangan kerja dan lorong-lorong harus menyala dengan normal.
c. Sebab
- Harus ada kontrol dari petugas SIMAK BMN.
- Kelalaian pejabat terkait dalam menjaga dan memotoring fasilitas parkir mobil.
- Lalainya petugas kebersihan dan pejabat terkait dalam hal kebersihan.
- Petugas terkait belum mengetahui melaksanakan sosialisasi.
- Instalasi listrik kurang terkontrol.
d. Akibat
- BMN banyak tertukar posisinya
- Parkir mobil berantakan dan tidak tertata.
- Tidak terisinya cheklist kebersihan di setiap ruangan.
- Belum adanya sosialisasi naskah dinas terbaru, Naskah dinas tidak sesuai dengan ketentuan terbaru.
- Kondisi lorong dan ruang kerja gelap.
e. Rekomendasi
- Harus disingkronkan antara kondisi dan letak serta DIR ruangan
- Segera dibuat garis parkir mobil dan mengatur arah parkir mobil agar seragam.
- Segera ditertibkan kembali untuk mengisi daftar cheklis kebersihan ruangan.
- Naskah dinas terbaru harus segera disosialisasikan guna dipedomani oleh seluruh pejabat dan pegawai dalam menyusun dan membuat naskah dinas. Segera dilaksanakan sosialisasi naskah dinas.
- Segera diperbaiki.
3. KEUANGAN
a. Temuan
- Masih terdapat Lembar pembayaran gaji induk bulan November dan Desember yang belum tertanda tangani oleh pegawai.
- Penyerapan anggaran DIPA tahun 2023 belum di informasikan kepada TIM Website.
- Surat Perintah Membayar (SPM) Gaji Mei dan Juni tidak di tanda tangani oleh Petugas Pembuat Daftar Gaji.
- Laporan GUP 29 dan 30 belum di Tanda tangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran dan kuitansi tidak ditanda tangani oleh penerima.
b. Kriteria
- Lembar pembayaran gaji induk harus ditanda tangani oleh pegawai.
- Penyerapan Anggaran DIPA harus di update setiap 3 bulan sekali dan diupload dalam laporan keuangan di website sebagai bentuk transparansi informasi publik.
- Harus ditandatangani oleh petugas dan pejabat terkait
- Demi tertibnya administrasi pelaporan keuangan dan meningkatkan nilai akuntabilitas maka Lampiran SPM dalam pelaporan keuangan harus di tanda tangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran.
c. Sebab
- Pegawai yang bersangkutan dalam kondisi sakit, sehingga petugas belum melengkapi tanda tangan tersebut.
- Kurang koordinasi antara pihak keuangan dan pelaporan.
- Kurangnya ketelitian petugas terkait.
- Lalainya petugas terkait.
d. Akibat
- Lembar pembayaran gaji belum tertanda tangani.
- Tidak terdapat informasi penyerapan DIPA triwulan pertama tahun 2023.
- Arsip keuangan tidak tesusun dengan baik.
- Laporan GUP 29 dan 30 belum di Tanda tangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran
e. Rekomendasi
- Segera dilengkapi.
- Harus Segera di buat laporan penyerapan anggaran DIPA Triwulan pertama tahun 2023.
- Segera di tanda tangani.
- Segera ditanda tangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran dan nota maupun kuitansi segera dimintakan tanda tangan oleh penerima anggaran
4. PTIP
a. Temuan
- Website PA Majene tidak update tahun 2023.
- Tidak adanya infografis mengenai keadaan dan jenis perkara dan realisasi anggaran.
- Profil pegawai baru di website belum diupdate.
b. Kriteria
- Website merupakan informasi yang selalu di update disesuaikan dengan kondisi satuan kerja serta disesuaikan dengan informasi-informasi yang perlu untuk disajikan dalam website.
- Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2-144/KMA/SK/VIII/2022 Tentang Pedoman Palayanan Informasi di Pengadilan.
- Profil pegawai harus diupdate apabila ada perubahan atau penambahan pegawai dalam satuan kerja.
c. Sebab
- Kurang dikontrol secara berkala oleh bagian PTIP selaku pengelola website.
- Kelalaian petugas terkait untuk mengupdate informasi terkini mengenai satker di website.
- Lalainya petugas terkait.
d. Akibat
- Informasi tidak update.
- Informasi yang diinginkan sulit dicari
- Informasi Profil pegawai tidak update.
e. Rekomendasi
- Harus dilengkapi informasi-informasi yang harus di update pada website.
- Segera dibuat infografis yang dimaksud.
- Segera diupdate informasi pegawai baru.
PROSEDUR PERINGATAN DINI DAN PROSEDUR EVAKUASI KEADAAN DARURAT
Pengadilan Agama Majene melakukan identifikasi terhadap potensi keadaan darurat yang berisi:
Rencana pengendalian terhadap potensi keadaan darurat yang ada dengan metode dokumentasi berupa pembuatan Standar Keadaan Darurat , nomor telepon penting, struktur organisasi keadaan darurat, tugas dan tanggung jawab team penanggulangan keadaan darurat dan standar penyimpanan tabung gas bertekanan.
Sosialisasikan standar keadaan darurat untuk memastikan setiap karyawan mengetahui tatacara penanganan keadaan darurat.
Lakukan uji coba penanganan keadaan darurat sesuai jadwal uji coba dibawah koordinasi koordinator team penanggulangan. Tuangkan evaluasinya dalam form Evaluasi uji coba penanganan keadaan darurat.
Simpan semua record ujicoba sesuai prosedur pengendalian catatan.
Penanganan Keadaan Darurat
- Setiap pegawai dan pengguna jasa yang mengetahui adanya keadaan darurat harus melaporkannya kepada tim penanganan keadaan darurat.
- Tim penanggulangan keadaan darurat bertanggungjawab menangani keadaan darurat yang ada. Untuk keadaan darurat kebakaran, penggunaan alat pemadam mengikuti standar penggunaan APAR.
- Jika keadaan darurat tidak dapat ditangani oleh team penanggulangan keadaan darurat, maka koordinator team harus segera menghubungi pihak luar yang terkait untuk meminta bantuan
- Setelah keadaan terkendali, koordinator team bertanggungjawab melakukan koordinasi investigasi bersama Kasubag TU maksimal 2 X 24 jam.
- Lakukan aktivitas pemulihan keadaan segera setelah keadaan terkendali
- Simpan semua rekaman investigasi sesuai prosedur pengendalian catatan
Pengendalian Peralatan Keadaan Darurat
- Mengidentifikasi semua peralatan keadaan darurat, tuangkan dalam form daftar peralatan keadaan darurat.
- Memastikan peralatan keadaan darurat dalam kondisi baik dan siap pakai, untuk kepentingan ini, lakukan inspeksi peralatan keadaan darurat, gunakan form check list APAR, check list kotak P3K, dan check list box alarm system.
- Memastikan prosedur selalu dipelihara dan dilaksanakan
- Pengendalian rekaman dan informasi Keadaan Darurat
- Mengidentifikasi semua peralatan keadaan darurat, tuangkan dalam form daftar peralatan keadaan darurat.
CATATAN TERKAIT
- Daftar Potensi Keadaan Darurat
- Daftar nomor Telepon Penting
- Jadwal Uji Coba Keadaan Darurat
- Evaluasi Ujicoba Keadaan Darurat
- Laporan Investigasi Keadaan Darurat
- Daftar Peralatan Keadaan Darurat
- Check List APAR
- Check List Kotak P3K
- Check List Box Alarm System
KEBAKARAN
HAL-HAL YANG DILAKUKAN JIKA TERJADI KEBAKARAN
Tetaplah tenang, jangan panik.
Segera hubungi petugas sekuriti. Sekuriti langsung menghubungi Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Majene Nomor Telepon 0422-21285.
Amankan semua dokumen-dokumen penting.
Matikan dan lepaskan semua peralatan listrik.
Dengarkan baik-baik pengumuman yang disampaikan facility management melalui pengeras suara dan ikuti petunjuk yang diberikan.
Jika kebakaran tidak dapat dikuasai, tutup semua pintu ruang yang terbakar dan segera tinggalkan tempat tersebut melalui tangga darurat terdekat sesuai petunjuk atau jalur yang telah ada.
Bila terjebak asap kepulan asap kebakaran, maka teteap menuju tangga dengan ambil napas pendek, upayakan merayap, merangkak, jangan berbalik arah karena akan bertabrakan dengan orang di belakang anda.
Bila harus menorobos asap maka tahanlah napas anda dan lari menuju jalur evakuasi.
GEMPA BUMI
HAL-HAL YANG DILAKUKAN JIKA TERJADI GEMPA BUMI
Tetap tenang/jangan panik.
Berada di bawah meja yang dapat memberikan keamanan serta udara yang cukup.
Carilah kolom bangunan atau lorong yang memungkinkan tidak terdapat benda-benda yang dapat roboh di area kerja Anda.
Jauhkan diri dari jendela, rak buku, lampu atap, tempat file dan barang-barang berat lain yang dapat jatuh dan melukai Anda.
Bila memungkinkan segera lari keluar gedung sesuai petunjuk atau jalur evakuasi yang telah ada.
Jika Anda berada di luar, jauhi gedung dan berkumpul di Titik Kumpul
Biaya Proses Berperkara
Panjar Biaya Proses Perkara
DASAR HUKUM
-
SURAT KEPUTUSAN KETUA PENGADILAN AGAMA MAJENE
NOMOR: 95/KPA.W33-A2/HK2.6/SK/1/2024
TENTANG BIAYA PROSES PENYELESAIAN PERKARA PADA PENGADILAN AGAMA MAJENE -
SURAT KEPUTUSAN KETUA PENGADILAN PENGADILAN AGAMA MAJENE NOMOR: 96/KPA.W33-A2/HK2.6/SK/1/2024
TENTANG PANJAR BIAYA PERKARA PADA PENGADILAN AGAMA MAJENE
Radius Biaya Perkara
SURAT KEPUTUSAN KETUA PENGADILAN AGAMA MAJENE
TENTANG
RADIUS BIAYA PANGGILAN/PEMBERITAHUAN
Nomor : 97/KPA.W33-A2/HK2.6/SK/1/2024
NO. | KELURAHAN / DESA | BIAYA PERJALANAN JURUSITA / JURUSITA PENGGANTI | KETERANGAN | |||
RADIUS I (Rp) |
RADIUS II (Rp) |
RADIUS III (Rp) |
RADIUS IV (Rp) |
|||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 7 | 8 |
KECAMATAN BANGGAE TIMUR | ||||||
1 | KELURAHAN LABUANG | |||||
Lingkungan Labuang | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Binanga | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tanjung Batu Barat | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tanjung Batu Timur | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tangnga-Tangnga | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Parappe | 100.000 | - | - | - | ||
2 | KELURAHAN LABUANG UTARA | |||||
Lingkungan Pappota | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tulu Induk | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Lipu | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tunda | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Lanyonga | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Kamp. Baru | 100.000 | - | - | - | ||
3 | KELURAHAN BARUGA | |||||
Lingkungan Baruga | 115.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Simullu | 115.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tanete | 115.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Baruga Barat | 115.000 | - | - | - | ||
4 | KELURAHAN TANDE | |||||
Lingkungan Purrau | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Ayulita | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Buttu | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Limboro Timur | - | 145.000 | - | - | Pegununungan | |
Lingkungan Limboro Barat | - | 145.000 | - | - | Pegununungan | |
5 | KELURAHAN TANDE TIMUR | |||||
Lingkungan Lutang | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Kaloli | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Buttu Samang | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Salabulo lutang | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Talumung | 125.000 | - | - | - | ||
6 | KELURAHAN BARUGA DHUA | |||||
Lingkungan Lembang | 115.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Segeri | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Puawang | - | 145.000 | - | - | Pegununungan | |
Lingkungan Sondong | - | 145.000 | - | - | Pegununungan | |
7 | KELURAHAN BAURUNG | |||||
Lingkungan Baurung | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tamo | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tamo Dhua | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Pangale | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Barane | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Barane Dhua | 100.000 | - | - | - | ||
8 | KELURAHAN LEMBANG | |||||
Lingkungan Lembang | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Lembang Dhua | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Leppe | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Leppe Barat | 100.000 | - | - | - | ||
9 | DESA BUTTU BARUGA | |||||
Dusun Tadholo | - | 140.000 | - | - | ||
Dusun Bunga | - | 140.000 | - | - | ||
Dusun Buttu Lemo | - | 140.000 | - | - | ||
Dusun Sibunoang | - | 140.000 | - | - | ||
KECAMATAN BANGGAE | ||||||
1 | KELURAHAN BANGGAE | |||||
Lingkungan Battayang | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Saleppa | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Pakkola | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Copala | 100.000 | - | - | - | ||
2 | KELURAHAN GALUNG | |||||
Lingkungan Galung Selatan | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Galung Tengah | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Galung Utara | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Galung Barat | 100.000 | - | - | - | ||
3 | KELURAHAN TOTOLI | |||||
Lingkungan Deteng-Deteng | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Passarang | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Passarang Selatan | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Moloku | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Kalasa | 135.000 | - | - | - | Pegunungan | |
Lingkungan Mangge | 150.000 | - | - | - | Pegunungan | |
4 | KELURAHAN RANGAS | |||||
Lingkungan Rangas Barat | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Rangas Pa'besoang | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Rangas Tammalassu | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Rangas Timur | 125.000 | - | - | - | ||
5 | KELURAHAN PANGALI ALI | |||||
Lingkungan Pangali-ali | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Cilallang | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Timbo-Timbo | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Salabose | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Rusung | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Pa'leo | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Pa'leo Tobandaq | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Pangallo | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tanangan | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Tanangan Barat | 100.000 | - | - | - | ||
6 | KELURAHAN BARU | |||||
Lingkungan Camba | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Camba Utara | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Garo'go | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Garo'go Selatan | 100.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Teppo | 125.000 | - | - | - | ||
Lingkungan Teppo Barat | 125.000 | - | - | - | ||
7 | DESA PAMBO'BORANG | |||||
Dusun Pambo'borang | 135.000 | - | - | - | Pegunungan | |
Dusun Pambo'borang Selatan | 135.000 | - | - | - | Pegunungan | |
Dusun Konja | 135.000 | - | - | - | Pegunungan | |
Dusun Konja Selatan | 135.000 | - | - | - | Pegunungan | |
Dusun Galung Pa'ara | - | 150.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Galung Pa'ara Selatan | - | 150.000 | - | - | Pegunungan | |
8 | DESA PALIPI SOREANG | |||||
Dusun Palipi Lambe | 135.000 | - | - | - | ||
Dusun Palipi Kanappe | 135.000 | - | - | - | ||
Dusun Labu-Labuang | 135.000 | - | - | - | ||
Dusun Alinduang | 135.000 | - | - | - | ||
Dusun Batu-Batu | 135.000 | - | - | - | ||
KECAMATAN PAMBOANG | ||||||
1 | KELURAHAN LALAMPANUA | |||||
Lingkungan Taduang | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Galung-Galung | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Bulu Tupang | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Pesa'i | - | 145.000 | - | - | ||
2 | KELURAHAN SIRINDU | |||||
Lingkungan Salewang | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Sirindu | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Ambawe | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Parappe | - | 145.000 | - | - | ||
Lingkungan Udzung | - | 145.000 | - | - | ||
3 | DESA ADOLANG | |||||
Dusun Pessapoang Tengah | - | 165.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Pessapoang Timur | - | 165.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Rawang | - | 175.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Karappuang | - | 175.000 | - | - | Pegunungan | |
4 | DESA ADOLANG DHUA | |||||
Dusun Panawar | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Pessapoang Barat | - | 165.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Mongeare | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Siiyang | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
5 | DESA BABABULO | |||||
Dusun Rawang | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Bababulo | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Bonde Talawang | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Porendeang | - | 145.000 | - | - | ||
6 | DESA BABABULO UTARA | |||||
Dusun Buyung | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Saleppa | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Kawero | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Kampung Baru | - | 145.000 | - | - | ||
7 | DESA BONDE | |||||
Dusun Luaor | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Soppeng Jawa | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Tappa Banua | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Alle-alle | - | 145.000 | - | - | ||
8 | DESA BONDE UTARA | |||||
Dusun Kampung Baru | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Rea-Rea | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Bonde-Bonde | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Butungan | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Rea-Rea Timur | - | 145.000 | - | - | ||
9 | DESA BETTENG | |||||
Dusun Timbo Gading | - | 175.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Timbo Gading Utara | - | 175.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Galung | - | 175.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Galung Selatan | - | 175.000 | - | - | Pegunungan | |
10 | DESA BANUA ADOLANG | |||||
Dusun Adolang | - | - | - | 350.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Belia | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Ratte | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Belalang | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Coci | - | - | - | 425.000 | Sulit dijangkau | |
11 | DESA SIMBANG | |||||
Dusun Simbang | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Lamaru | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Pallarangan | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Pallarangan Dhua | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
12 | DESA BUTTU PAMBOANG | |||||
Dusun Pu'are | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Parallitang | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Pu'are Timur | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
Dusun Ratte Apas | - | 155.000 | - | - | Pegunungan | |
13 | DESA TINAMBUNG | |||||
Dusun Tinambung | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Sappu | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Lattigi | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Kaida | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Tappa Banua | - | 145.000 | - | - | ||
14 | DESA PESULOANG | |||||
Dusun Butungan | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Pesuloang | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Leba | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Pabettengan | - | 145.000 | - | - | ||
15 | DESA BALOMBONG | |||||
Dusun Ulu Balombong | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Balombong Utara | - | 145.000 | - | - | ||
Dusun Balombong Selatan | - | 145.000 | - | - | ||
KECAMATAN SENDANA | ||||||
1 | KELURAHAN MOSSO DHUA | |||||
Lingkungan Mosso | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Malayu | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Apoleang Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Apoleang Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Tammalupu | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Kampung Lele | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Pumballar | - | 175.000 | - | - | ||
Lingkungan Mandalle | - | 175.000 | - | - | ||
2 | KELURAHAN MOSSO | |||||
Lingkungan Somba Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Somba Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Somba Timur | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Somba Tenggara | - | 155.000 | - | - | ||
Lingkungan Labuang | - | 155.000 | - | - | ||
3 | DESA TOTOLISI SENDANA | |||||
Dusun Totolisi | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Totolisi Tengah | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Totolisi Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Totolisi Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
4 | DESA SENDANA | |||||
Dusun Palipi | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Palipi Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Palipi Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Ratte | - | 175.000 | - | - | ||
5 | DESA BANUA SENDANA | |||||
Dusun Podang | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Podang Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Banua Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Banua Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
6 | DESA LALATTEDONG | |||||
Dusun Lalattedong | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Tappa Galung | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Tosalama | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Udzung | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Naukkaluku | - | 155.000 | - | - | ||
7 | DESA PUTTADA | |||||
Dusun Puttada | - | - | 300.000 | - | pegunungan | |
Dusun Puttada Selatan | - | - | 300.000 | - | pegunungan | |
Dusun Puttada Utara | - | - | 300.000 | - | pegunungan | |
Dusun Sendana | - | - | 300.000 | - | pegunungan | |
8 | DESA PAMINGGALAN | |||||
Dusun Paminggalan Tengah | - | - | - | 325.000 | sulit terjangkau | |
Dusun Kampung Baru | - | - | - | 325.000 | sulit terjangkau | |
Dusun Banua | - | - | - | 325.000 | sulit terjangkau | |
Dusun Paminggalan Utara | - | - | - | 325.000 | sulit terjangkau | |
9 | DESA BINANGA | |||||
Dusun Binanga | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Butungan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Naung Luyo | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Bo'di | - | 175.000 | - | - | ||
10 | DESA PUNDAU | |||||
Dusun Pundau | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Pundau Utara | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Pundau Tengah | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Ka'nei | - | 175.000 | - | - | ||
11 | DESA LEPPANGAN | |||||
Dusun Leppangan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Leppangan Timur | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Tamme'ambe | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Tomarese | - | 155.000 | - | - | ||
12 | DESA TALLU BANUA | |||||
Dusun Poniang Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Poniang Tengah | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Poniang Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Camba-Camba | - | 155.000 | - | - | ||
13 | DESA TALLU BANUA UTARA | |||||
Dusun Palla-pallang | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Parrasangan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Tullu Bulan | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Tullu Bulan Timur | - | 175.000 | - | - | ||
14 | DESA LIMBORO RAMBU-RAMBU | |||||
Dusun Limboro | - | - | 250.000 | - | pegunungan | |
Dusun Limboro Utara | - | - | 250.000 | - | pegunungan | |
Dusun Pullo'be | - | - | 250.000 | - | pegunungan | |
Dusun Limboro Makula | - | - | 250.000 | - | pegunungan | |
15 | DESA BUKIT SAMANG | |||||
Dusun Apoang | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Apoang Selatan | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Apoang Utara | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Passau | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Passau Timur | - | 155.000 | - | - | ||
16 | DESA LIMBUA | |||||
Dusun Lakka'ding | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Lembang | - | 155.000 | - | - | ||
Dusun Tinggas | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Tinggas Timur | - | 175.000 | - | - | ||
KECAMATAN TAMMERODO | ||||||
1 | DESA SEPPONG | |||||
Dusun Seppong | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Seppong Timur | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Punaga | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Talongga | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Pummacinna | - | - | 205.000 | - | ||
2 | DESA MANYAMBA | |||||
Dusun Manyamba | - | - | 225.000 | - | pegunungan | |
Dusun Manyamba Barat | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Manyamba Tengah | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Manyamba Timur | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Busau | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
3 | DESA TAMMERODO | |||||
Dusun Karondongang | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Karema Selatan | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Karema | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Pellatoang | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Pellatoang Selatan | - | 175.000 | - | - | ||
4 | DESA TAMMERODO UTARA | |||||
Dusun Lembangan | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Leba-leba | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Tammerodo | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Camba-Camba | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Pandeng-Pandeng | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Ujung Baru | - | 175.000 | - | - | ||
5 | DESA ULIDANG | |||||
Dusun Ulidang | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Waigamo | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Labuang | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Petudang | 175.000 | |||||
Dusun Kampung Baru | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Saburre | - | 175.000 | - | - | ||
6 | DESA AWO' | |||||
Dusun Awo' | - | - | 205.000 | - | pegunungan | |
Dusun Tippulu | - | - | 225.000 | - | pegunungan | |
Dusun Tippulu Barat | - | - | 225.000 | - | pegunungan | |
Dusun Tippulu Timur | - | - | 225.000 | - | pegunungan | |
Dusun Ratte Padang | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Batu Sura | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
7 | DESA TALLAMBALAO | |||||
Dusun Pangaleroang | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Ratte Bila | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Sambua | - | 175.000 | - | - | ||
Dusun Pa'dengang | - | 175.000 | - | - | ||
KECAMATAN TUBO | ||||||
1 | DESA TUBO | |||||
Dusun Kulasi | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Taraweki | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Salubulo | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Kuriri | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tarahoang | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tarupa | - | - | 205.000 | - | ||
2 | DESA TUBO PO'ANG | |||||
Dusun Tubo | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tubo Dalam | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tubo Masigi | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tubo Masigi Dhua | - | - | 205.000 | - | ||
3 | DESA TUBO SELATAN | |||||
Dusun Baturoro | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Pattalasang | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Banua | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tappa Bonde | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Tangnga-Tangnga | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Lembang Baturoro | - | - | 205.000 | - | ||
4 | DESATUBO TENGAH | |||||
Dusun Tatakko | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Lombo'na | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Lombo'na Selatan | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Lawarang | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Bonde | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Udzung | - | - | 205.000 | - | ||
5 | DESA ONANG | |||||
Dusun Sumakuyu | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Batu Mettoddo Sumakuyu | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Batu Pangoppo Sumakuyu | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Batu Taku Udzung | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Labuang Parabaya | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Batu Taku | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Para'baya | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Batang Lopi | - | - | 205.000 | - | ||
6 | DESA ONANG UTARA | |||||
Dusun Labu-Labuang | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun BelalangTengah | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Onang Labuang | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Onang | - | - | 205.000 | - | ||
7 | DESA BONDE-BONDE | |||||
Dusun Lambangan | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Bonde-Bonde | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Rawang-Rawang | - | - | 205.000 | - | ||
Dusun Camba Raya | - | - | 205.000 | - | ||
KECAMATAN MALUNDA | ||||||
1 | KELURAHAN MALUNDA | |||||
Lingkungan Malunda | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Sasende | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Banua | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Sekka | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Galung | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Lottang | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Pucca' Owa | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Malunda Dhua | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Karewaca | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Sasende Dhua | - | - | 255.000 | - | ||
2 | KELURAHAN LAMUNGAN BATU | |||||
Lingkungan Pao-Pao | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Kayu Colo | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Kalorang | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Tabulang-Bulang | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Tammaende | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Kalorang Selatan | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Kalorang Barat | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Tasinara | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Labuang | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Pebusu | - | - | 255.000 | - | ||
Lingkungan Tallere | - | - | 255.000 | - | ||
3 | DESA BAMBANGAN | |||||
Dusun Lemo | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Bambangan | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tabolo | - | - | - | 325.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Batususun | - | - | - | 375.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Rattepunaga | - | - | - | 375.000 | sulit dijangkau | |
4 | DESA SALUTAHONGAN | |||||
Dusun Salutahongan | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Rattelimbong | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Rattelimbong Timur | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Salurindu | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Salubiru | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
5 | DESA LOMBANG | |||||
Dusun Lombang | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Takapa | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tasukke | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Beroangin | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Buttutala | - | - | - | 525.000 | sulit dijangkau | |
6 | DESA LOMBANG TIMUR | |||||
Dusun Ulu Lombang | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Passorongang | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Salutakkang | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Kampung Baru | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Pebulahangang | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Sepang Sosial | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tannisero | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Panappo | - | - | - | 425.000 | sulit dijangkau | |
7 | DESA LOMBONG | |||||
Dusun Lombong | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Deking | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Bonde | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Parabaya | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Lombong Manaraya | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Toppo | - | - | 255.000 | - | ||
8 | DESA LOMBONG TIMUR | |||||
Dusun Mosso | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Mosso Barat | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Kara'lembang | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Kara'lembang Timur | - | - | 275.000 | - | ||
9 | DESA MEKKATTA | |||||
Dusun Mekkatta | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Aholeang | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Samalio | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Samalio Utara | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Bawappu | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Allealle | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Tamaindung | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Salubungo | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Rui | - | - | 275.000 | - | ||
10 | DESA MEKKATTA SELATAN | |||||
Dusun Tanisi | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Tanisi Selatan | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Paga' | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Malatewa | - | - | 275.000 | - | ||
11 | DESA MALIAYA | |||||
Dusun Maliaya | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Joleng Mea | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Allealle | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Maliaya Utara | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Labulabuang | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Maliaya Selatan | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Ba'ba Joleng | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Maliaya Barat | - | - | 275.000 | - | ||
12 | DESA KAYU ANGIN | |||||
Dusun Kayu Angin Utara | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Kayu Angin Selatan | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Pettaweang | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Pettaweang Timur | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Pettaweang Barat | - | - | 275.000 | - | ||
Dusun Tammalassu | - | - | 275.000 | - | ||
KECAMATAN ULUMANDA | ||||||
1 | DESA KABIRAAN | |||||
Dusun Salupaondo | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Kabiraan | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tappang | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tamalonang | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tammerimbi | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tammerimbi Barat | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tammerimbi Timur | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun `Kampung Baru | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Salopaondo | - | - | - | 500.000 | sulit dijangkau | |
2 | DESA SULAI | |||||
Dusun Kasambi | - | - | 300.000 | - | ||
Dusun Sulai | - | - | 300.000 | - | ||
Dusun Sulai Selatan | - | - | 300.000 | - | ||
Dusun Sulai Utara | - | - | 300.000 | - | ||
Dusun Batu lotong | - | - | 300.000 | - | ||
Dusun Parihuang | - | - | 300.000 | - | ||
3 | DESA SAMBABO | |||||
Dusun Slimbong Siroma | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Sambabo | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Rura | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Rica-Rica | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Katumbangan | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Sambabo Utara | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Sambabo Timur | - | - | 350.000 | - | ||
Dusun Sambabo Barat | - | - | 350.000 | - | ||
4 | DESA SALUTAMBUNG | |||||
Dusun Salutambung | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Salutambung Barat | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Salassang | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Salupepakkang | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Masigi | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Liba' | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Tatibajo | - | - | 255.000 | - | ||
Dusun Sambalagia | - | - | 255.000 | - | ||
5 | DESA TANDEALLO | |||||
Dusun Paku | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Salu Tallang | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Pangandaan | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Kaalloang | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Batu Piring | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Bette-Betteng | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Taukong | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Lombe | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Salulemo | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
6 | DESA PANGGALO | |||||
Dusun Kolehalang | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Bungiroppo | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Paledoang | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Panggalo Barat | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tasambulang | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Udung Lemo | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Panggalo | - | - | - | 675.000 | sulit dijangkau | |
7 | DESA ULUMANDA | |||||
Dusun Seppong | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Lemo-Lemo | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Kalausu | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tammajannang | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Makula | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Balu Banga | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Batusikuttu | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Kalo'bang | - | - | - | 700.000 | sulit dijangkau | |
8 | DESA POPENGA | |||||
Dusun Popenga | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Tanete | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Batulotong | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Pebarungaan | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Batannato | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Urekang | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Pullao | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau | |
Dusun Ba'balombi | - | - | - | 750.000 | sulit dijangkau |